Senin, 16 Desember 2013

NASKAH KONSELING


CONTOH PERCAKAPAN KONSELING


KONSELOR       : GUSTI AYU SRI EKA DEWI
KLIEN                 : NOVITA PUTRI AMBARSARI
TAHAP AWAL
1.      Membangun raport dimana dalam membangun raport ini adalah menciptakan suasana nyaman antara klien dan konselor. Dalam membangun raport ini menggunakan proses attending, dimana dalam attending ini mempunyai tujuan agar dapat meningkatkan harga diri klien, meningkatkan perasaan nyaman klien dan mempermudah mengekspresi perasaan klien.

Attending
Klien               : Tok… tok … tok …  selamat pagi buu….(klien mengetuk pintu)
Konselor          : (Membukakkan pintu dan mempersilakan masuk) selamat pagi nak silakan
                          Silakkan masuk, silakan duduk nak, siapa namanya?
Klien               : Vitha buu dari kelas IX A
Konselor          : ohh senang sekali ibu bisa bertemu dengan adik, gimana nilai ulangan umum
                          Semester 1 nya bagus?
Klien               : alhamdulilah baik buu.
Konselor          : oh syukurlah, ngomong-ngomong kok adik tumben datang ke ruangan ibu ada
                          yang ibu bisa bantu?
Klien               : iya buu sya lagi ada masalah buu,
Konselor          : oh seperti itu nah di dalam konseling ini ibu harap keterbukaan adik dalam
                         Mengungkapkan masalah adik,  ibu membantu adik menyelesaikan masalah adik                            namun ibu harap kejujuran adik untuk menceritakan masalah adik, jika masalah                              adik bersifat rahasia ibu akan rahasiakan.
Klien               : iya buu saya akan terbuka dan jujur mengungkapkan masalah saya buu…

Strukturing
Konselor          : iya terimakasih,tujuan konseling ini adalah agar adik bisa menemukan alternative dari permasalahan yang adik hadapi, namun perlu ibu tekankan disini ibu cuma membantu meberikan alternative terhadap masalah yang adik hadapi namun keputusan dan tanggung jawab tetap berada di tangan adik.
Klien               : iya buu…
Konselor          : namun  ibu mohon maaf sebelumnya ibu Cuma punya waktu 20 menit nanti ibu ada rapat dengan bapak kepala sekolah, kalau ibu boleh tau tolong certitakan masalah adik!
Klien               : iya buu masalah yang saya hadapi hubungan saya dengan kakak tiri saya selalu bertengkar setiap saat, setiap waktu padahal saya sudah berusaha menjadi adik yang baik untuk kakak sya buu.. walaupun sya adik tiri saya menyayangi kakak saya seperti kakak kandung buu…
Konselor          :oh jadi pada intinya masalah adik adalah kurang harmonisnya hubungan adik dengan kakak tirinya ya?
Klien               : iya buu…

Empati
Konselor          : iya, (konselor menganggukan kepalanya). Boleh dilanjutkan lagi ceritanya dik!
Klien               : saya tersiksa terus-terusan di caci maki sama kakak tiri saya, dihadapan teman-temanya dia tidak mengakui saya sebagai adiknya, dia malah bilang saya anak pembantu, sedih rasanya buu..
Konselor          : iya saya ikut merasakan apa yang adik rasakan (empati primer)
Klien               : saya sedih jika terus-terusan seperti ini apa yang saya lakukan selalu salah dimata kakak saya buu..

Refleksi
Konselor          : nampaknya anda sangat sedih dengan hal itu. (refleksi perasaan)
Klien               : iya buu..

Eksplorasi
Konselor          : bisakah adik menjelaskan perasaan sedih yang dimaksud itu seperti apa?
Klien               : perasaan sedih yang amat mendalam buu, jika saya lihat teman-teman saya akrab dengan kakaknya, sedangkan saya selalu bertengkar dengan kakak saya. (eksplorasi perasaan)


TAHAP PERTENGAHAN
Dalam tahap pertengahan ini adalah merupakan tahap inti dari konseling, dimana dalam tahap ini
Tahap kerja dan pendefenisian masalah dalam proses konseling.

Konselor          : bisa adik ceritakan lebih lanjut tentang masalah yang adik hadapi?
Klien               : iya terkadang saya merasa kurang pantas menjadi adik kakak saya. Karena setiap hari kami selalu bertengakr-dan bertengkar, namun apalah daya saya buu.. kakak saya tidak pernah menghargai saya, ibu sya terkadang sampai sakit buu memikirkan saya dan kakak saya yang hubungannya kurang harmonis.
Konselor          : apakah benar demikian? (memperjelas)
Klien               : iya buu
Konselor          :  (konselor menganggukan kepala) lanjutkan ceritanya dik! (encouraging)
Klien               : terkadang saya ingin minggat dari rumah buu.. namun saya tidak mau membuat ibu saya khawatir buu…saya bingung..
Konselor          : menurut ibu adik bersabarlah dengan keadaan ini, mungkin ini adalah ujian Tuhan untuk keluarga adik. (nasihat)
Klien               : saya tidak kuat buu… saya tidak tahan dengan semua ini…


TAHAP AKHIR
Dalam tahap akhir ini konselor menyimpulkan masalah klien dan merupakan tahap eksien dan
Tindakan.

Koselor            : jadi singkatnya  dapat ibu simpulkan adik merasa sangat sedih karena hubungan adik dan kakak adik kurang harmonis, sehingga adik ingin minggat dari rumah? (parafrasing)
Klien               : iya buu..
Konselor          :  1. aletrnatif dari ibu adalah adik diam saja jika adik dimarahi kakak adik, 2. Adik jangan terlalu menanggapi perkataan kakak adik agar  tidak menjadi pertengkaran. Dan yang ke 3 adik bicaralah baik-baik dengan kakak adik dari hati kehati siapa tau kakaknya adik bisa luluh hatinya! Namun setiap alternative yang ibu berikan ada nilai dan konsekuensinya.
                        Alternative yang  ke-1 dari ibu adalah adik diam saja jika adik dimarahi kakak adik. Konsekuensinya kakaknya akan tersinggung nanti dia bisa lebih marah, karena ia merasa kurang dihargai. Yang ke- 2 Adik jangan terlalu menanggapi perkataan kakak adik agar  tidak menjadi konsekuensinya dia akan merasa geram dan semakin marah karena dia mengaggap adik hanya mepermaikan perasaannya
                        Dan yang ke -3 adik bicaralah baik-baik dengan kakak adik dari hati konsekuensinya kakaknya adik mungkin mau diajak bicara dari hati ke hati mungkin tidak mau karena menggap hal ini kurang penting, namun jika kakaknya mau kemungkinan dia akan bisa memahami perasaan adik, jadi alternative yang mana akan adik pilih?
Klien               : mungkin saya akan memilih alternative yang ke – 3 buu…
Konselor          : ohh iya, jika alternative itu yang adik anggap baik lakukanlah. Ada yang ingin diceritakan lagi dik?
Klien               : tidak buu..terimakasih
Konselor          : iya sama-sama karena waktu sudah menunjukkan jam 10.00 maka ibu akhiri sampai disini dulu konseling kita hari ini, soalnya ibu akan rapat dik, nah sekiranya adik amsih perlu bantuan dari ibu adik bisa menelepon ibu, atau datang keruangan ibu ya!
Klien               : sekali lagi terimakasih buu…maaf saya sudah menggaggu waktunya ibu…
Koselor            : iya sama-sama ahh tidak apa-apa ibi sangat senang adik mau datang ke ruangan ibu, pintu ruangan ibu selalu terbuka untuk siapa saja yang perlu bantuan ibu…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar